Latest News

Steganograph

Steganografi adalah ilmu dan seni dalam membuat menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga hanya pengirim dan penerima yang tau maksudnya dan  tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwasannya ada suatu pesan yang tersembunyi dan rahasia.  Kata "steganografi" berasal dari bahasa Yunani “steganos” yaitu tersembunyi, dan “graphein” yaitu  menulis.

Dalam hal ini istilah steganografi termasuk penyembunyian data digital dalam berkas-berkas file ataupun dokumen komputer. Misalkan seorang pengirim mulai dengan berkas gambar biasa, lalu mengatur warna setiap pixel ke-100 untuk menyesuaikan pada suatu huruf dalam alphabet tersebut maka perubahannya begitu sempurna sehingga tidak ada seorang pun yang tau atau  menyadarinya jika ia tidak benar-benar memperhatikan dengan detail.

Dalam istilah modern, steganografi biasanya dilaksanakan komputasi, di mana penutup Pekerjaan seperti file teks, gambar, file audio, dan file video tweak sedemikian rupa bahwa pesan rahasia dapat tertanam dalam diri mereka. Teknik-teknik yang sangat mirip dengan watermarking digital, namun satu dis besar tinction harus disorot antara keduanya. Dalam watermarking digital, fokusnya adalah pada memastikan bahwa tidak ada yang dapat menghapus atau mengubah isi data watermark, bahkan meskipun mungkin jelas jelas bahwa itu ada. Steganografi di sisi lain, berfokus pada sehingga sangat sulit untuk mengatakan bahwa pesan rahasia ada sama sekali. Jika pihak ketiga yang tidak sah dapat mengatakan dengan keyakinan tinggi bahwa file berisi rahasia pesan, maka steganografi telah gagal.

Cara Kerja Steganography

Steganografi merupakan salah satu cara untuk menyembunyikan suatu pesan / data rahasia di dalam data atau pesan lain yang tampak tidak mengandung apa-apa, kecuali     bagi orang yang mengerti kuncinya  .  Dalam bidang keamanan komputer, steganografi digunakan untuk menyembunyikan data rahasia saat enkripsi tidak  dapat dilakukan atau bersamaan dengan enkripsi. Jadi, walaupun   enkripsi berhasil dipecahkan (decipher) pesan / data rahasia tetap tidak terlihat.
Selain itu, pada kriptografi pesan disembunyikan dengan “diacak” sehingga pada kasus-kasus tertentu dapat dengan mudah mengundang kecurigaan, sedangkan pada steganografi pesan “disamarkan” dalam bentuk yang relatif “aman” sehingga tidak terjadi kecurigaan itu. Steganografi dapat digunakan pada berbagai macam bentuk media, seperti image, audio, dan video.  

Bagaimana  Steganography Digunakan

Ketika sistem steganografi dikembangkan, penting untuk mempertimbangkan apa yang paling penutup yang tepat Kerja harus, dan juga bagaimana stegogramme adalah untuk mencapai penerima nya.Dengan internet yang menawarkan begitu banyak fungsi, ada banyak cara yang berbeda untuk mengirim pesan kepada orang-orang tanpa ada yang mengetahui mereka ada. Sebagai contoh, adalah mungkin bahwa sebuah stegogramme gambar bisa dikirim ke penerima melalui email. Atau itu mungkin diposting di sebuah forum web untuk semua untuk melihat, dan penerima bisa masuk ke forum dan download gambar untuk membaca pesan. Tentu saja, meskipun semua orang bisa melihat stegogramme, mereka tidak akan memiliki alasan untuk berharap bahwa itu adalah sesuatu yang lebih dari sekedar image.

Pemanfaatan Steganography

Steganografi adalah sebuah pisau bermata dua, ia bisa digunakan untuk alasan-alasan yang baik, tetapi bisa juga digunakan sebagai sarana kejahatan. Steganografi juga dapat digunakan sebagai salah satu metode watermarking pada image untuk proteksi hak cipta, seperti juga digital watermarking (fingerprinting). Dan yang terutama, seperti disebutkan sebelumnya, steganografi dapat digunakan untuk menyembunyikan informasi rahasia, untuk melindunginya dari pencurian dan dari orang yang tidak berhak untuk mengetahuinya. Steganografi juga dapat digunakan oleh para teroris untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lain.

Contoh Penerapan Steganography

1. Menggunakan angka. Angka yang diberikan merupakan perwakilan dari huruf ataupun hal lain yang dapat ditunjukan oleh angka. Contohnya si pengirim memberikan kode 0865664258. Jika kita lihat sekilas orang awam tidak akan bisa membaca kode tersebut. Mereka akan mengira itu hanya nomor ponsel atau nomor fax. Dengan menggunakan huruf yang terdapat pada keypad ponsel, kode tersebut dapat diterjemahkan. Sehingga kode 0865664258 akan menjadi TOLONGAKU (angka 0 berarti spasi/kosong). 
2.
 
Terlihat yang dilingkari bahwa pesan tersebut artinya BEASISWA 

3.
Aku muridmu Tak bosan
Menyangka kamu Jatuh
selama Cinta sekolah
Semudah melenyapkanmu
Ini teruntuk Kepada sekolah
Teman kepala Sekelas

Makna pesan tersebut adalah Aku Tak Menyangka Jatuh Cinta Semudah Ini Kepada Teman Sekelas
Nb: pesan ini dibaca  pertama dan dilangkau 1 kalimat, sedangkan kalimat kedua setelah pertama tidak dibaca


Akhir kata penulis sangat berterima kasih telah mengunjungi blognya, mudah mudahan bermanfaat informasinya bagi sipembaca
Wassallam.

 

0 Response to "Steganograph"